... our day ...

Daisypath Wedding tickers

Selasa, 16 Februari 2010

Hunting Undangan (part 1)

Whuaduuuuuhhh,,, daisypath gw udah menunjukkan bahwa tanggal pernikahan gw dengan si fiance (Hiyaaahhh... Bahasa gak kuku! Wkwkwk) tinggal 9 bln-an lagi. Ow ow ow... Sampai detik ini persiapan gw baru gedung aja yang udah pasti tempatnya (duh, tanggalnya belom pasti nih).

Hari Sabtu kmrn (13 Februari 2010) gw diajakin ma temen gw yang mau merit juga tahun ini ke Pasar Tebet Barat. Yoiii,,, kita mau liat-liat design undangan dan nanya-nanya harganya. Knp gw milih jauh-jauh ke Pasar Tebet? Krn setelah browsing-browsing di weddingku, ternyata disanalah pusatnya percetakan undangan pernikahan. Harganya pun terbilang lumayan murah dengan kualitas yang baik.

Awalnya sempet ragu pas mau berangkat ke Tebet. Bukannya apa-apa, Jakarta baru dapet kiriman air dari Bogor jam 3 paginya. Takut aja klo ternyata Tebet ikutan banjir juga. Tapi bermodalkan nekat, akhirnya pergi juga ke Pasar Tebet. Gw berangkat dari Bogor naik kereta ekonomi dan janjian ma temen di stasiun Tebet. Sampai stasiun Tebet langsung dilanjutkan naik bajaj. Cukup bayar 10.000 utk 3 orang setelah nawar. Ternyata dari stasiun Tebet ke Pasar Tebet lumayan jauh juga (duh, jadi ga enak ma abang bajajnya)...

Sampai di Pasar Tebet sempet bingung juga... Lho, percetakannya dimana? Sejauh mata memandang gw hanya melihat penjual kosmetik, jam tangan, toko emas dan penjual kue basah. Ternyata percetakan-percetakannya itu terletak di basement gedung pasar, satu lantai dengan parkiran. Sebenernya jumlah percetakan yang ada tidak sebanyak dalam pikiran gw semula. Tapi tetep aja bikin pusing. Untung sebelumnya gw udah browsing dulu di weddingku, jadi gw tau harus menyambangi percetakan yang mana aja.

Percetakan pertama yang gw datengin adalah
Kartu Media. Sebenernya sih percetakan ini ga ada di list yang gw bawa. Tapi karena posisi dia deket banget ma pintu masuk, akhirnya kita liat-liat dulu deh. Bapak yang jaganya lumayan ramah menjawab pertanyaan kita soal harga, design, dll, meskipun dia menjawab tanpa melihat muka kita (sibuk banget kali ya?). Awalnya sempet kaget dengan kisaran harga di percetakan ini (apa krn tempatnya ber-AC jadi lebih mahal ya?). Untuk hard cover kisaran harganya 5000 ke atas untuk 300 undangan. Semakin banyak kita pesen undangan sih jatohnya semakin murah. Lumayan lama juga sih liat-liat di tempat ini. Selain karena koleksinya banyak juga karena kita masih fresh. Baru dateng banget, jadi masih semangat...

Dari Kartu Media kita ke
Rahayu Printing. Ini salah satu percetakan yang masuk di list gw. Letaknya di tengah-tengah. Bentuknya sih kayak los di pasar gitu. Koleksi undangannya juga lumayan banyak. Gw sering banget liat undangan buatan Rahayu Printing ini. Soal harga ga jauh beda dengan Kartu Media. Agak lebih murah sedikit sih. Dalam artian beda ukuran atau design harganya langsung ada perubahan meskipun sedikit. Dari Rahayu Printing lanjut ke Kartu Crystal. Gw dapet referensi tempat ini dari temen kuliah gw yang juga mau nikah dan pesen undangan disini. Dia bilang harga disini lebih murah dibanding tempat yang lain di Pasar Tebet. Bener aja, disini harga undangan lebih bervariasi. Dan harga termahalnya pun hanya 9000an. memang sih koleksi undangan yang ada disini ga terlalu banyak, tapi yang kita butuhkan kan ketepatan waktu pembuatan. Toh, untuk design undangan, gw ga mau yang aneh-aneh kok. Di Kartu Crystal ini gw menemukan undangan dengan warna yang gw pengenin. Pink-pink salem gitu. Hm,,, sempet foto-foto juga beberapa contoh undangan sih.

Lanjuttt,,, dari Kartu Crystal kita beralih ke
Intercard. Percetakan ini dapet referensi dari temen di weddingku. Dia bikin undangan disini. Tempatnya hampir sama dengan Rahayu Printing di los gitu. Kecil banget karena cuma 1 los. Tapi ternyata dia lagi ngerjain undangan dalam jumlah 1200 yang mau dibawa ke Malang. Duh, undangannya bagus banget lagi. Warnanya perpaduan maroon dan pink salem. Kisaran harga dengan model itu 6000-7000 untuk 300-500 undangan. Tapi karena orang itu pesen 1200 undangan, dia dapet harga 5500. Dari Intercard ini kita dapet ilmu klo undangan itu ada 3 macem jenis emboss. ada yang emboss aja, emboss yang pake mutiara dan emboss yang pake plastik. Nah, yang pake plastik ini yang paling mahal. Next,,, gw penasaran banget sama percetakan Kartu Pesona. Selain karena bokap sering dapet undangan yang dibuat disini, kakak sepupu gw yang nikah tahun kemaren pun cetak undangan di Kartu Pesona. Sampe muter-muter nyari tempatnya karena nyempil diantara percetatakan. Eh, sampe disana kita ga bisa nanya-nanya. Soalnya yang jaga disana lagi bikin layout undangan bersama sepasang calon pengantin. Di belakangnya juga udah menunggu 2 calon pengantin yang lain. Duh,,, laris banget ya Kartu Pesona ini... Tapi disini gw menemukan design undangan yang gw pengenin dari dulu. Hehehe... Nanti kapan-kapan kesini lagi ahh... Mau nanya-nanya. Oia, for your info... Rahayu printing ma Kartu Pesona ini masih sodaraan lho... Soalnya gw menemukan udangan buatan Kartu Pesona di Rahayu Printing. Dan kata mas-mas yang jaganya mereka tuh paman-keponakan...

Sebenernya gw masih penasaran dengan 2 percetakan lagi, Ant's dan Duta Graphia. Tapi temen gw udah pengen pulang karena udah mumet liat banyak design undangan. Hahahaha... Ant's ini selalu dipake oleh anaknya boss bokap klo nikah. Sedangkan di Duta Graphia gw tertarik karena kiosnya banyak banget di Pasar Tebet. Udah banyak, besar-besar pula. Meskipun di weddingku udah ada yang mewanti-wanti, klo mau pake Duta Graphia harus hati-hati dan ekstra bawel. Karena saking besarnya percetakan ini, kerjanya suka molor karena pesanannya banyak yang ga ke-handle.

Akhirnya kita pun langsung keluar dari area basement ini. Hm,,, sempet beli kue-kue basah sih buat ganjel perut (ternyata rasanya ga enak, pantesan murah). Trus makan pempek dulu deh sebelum naik bajaj lagi ke Stasiun Tebet. Hehehe...

Hunting dan survey kita masih akan terus berlanjut nih... Demi mendapatkan barang dengan kualitas yang bagus dengan harga yang murah. Hahahaha... ^0^
Next, mau survey apa ya??? Hm,,, sepertinya mau ke Asemka atau Pasar Jatinegara. Hayooooo... tebak! Gw mau cari apa??? Yuuuppp... Gw mau survey souvenir nih... Tunggu cerita selanjutnya ya...

Ciayooo!!!

Kartu Media
Pasar Tebet Barat Lt. Basement
Tebet - Jakarta Selatan
Tlp : 021 - 83703989
HP : 0812-1856-3132
email : kartu_media08@yahoo.com

Rahayu Printing
Pasar Tebet Barat Lt. Basement No. 33
Tebet - Jakarta Selatan
Tlp : 021 - 8304909
HP : 0815-1044-0419, 0816-1688-409
email : rahayu_print15@yahoo.com

Kartu Chrystal
Jl. Pasar Baru Tebet Barat (Ramayana)Lt. Basement No. 13
Tlp : 021 - 83785695
HP : 0816-143-1550, 021-98927770

Inter Card
Pasar Tebet Barat Lt. Basement No. 12
Jakarta
HP : 0815-1175-5582

Kartu Pesona
Pasar Tebet Barat
Tlp : 021 - 8354357, 83702162

0 komentar: